Materi Uji
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Foto Guru & Karyawan
Statistik

Total Hits : 141999
Pengunjung : 22033
Hari ini : 27
Hits hari ini : 201
Member Online : 1
IP : 54.145.117.60
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

melanidevi    

PERAN DAN PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN

Tanggal : 28-04-2016 09:14, dibaca 214 kali.

Lingkungan berpengaruh terhadap stimulus yang akan diterima individu atau lingkungan, dengan memunculkan respon yang berbeda dari masing-masing individu. Lingkungan pada garis besarnya dapat dibedakan menjadi: 1. Lingkungan non-sosial. Lingkungan non-sosial yaitu lingkungan alam yang akan memberikan pengaruh berbeda terhadap setiap individu terutama dalam menentukan bagaimana proses dan hasil belajar yang akan dicapai siswa. Belajar dalam kondisi alam yang segar dan bersih lebih efektif dari pada sebaliknya. Keadaan yang terlalu ramai, juga menjadi kurang kondusif bagi proses dan pencapaian hasil belajar yang optimal. 2. Lingkungan sosial atau lingkungan masyarakat. Lingkungan sosial atau lingkungan masyarakat adalah lingkungan yang didalamnya terdapat interaksi individu satu dengan yang lainnya. Suasana hubungan antar siswa yang erat dalam proses belajar akan memudahkan siswa menerima materi pelajaran yang disampaikan, dimana setiap persoalan dalam belajar akan mudah dipecahkan bersama. Peran dan pengaruh dari lingkungan sosial akan lebih mendalam bila dibandingkan tidak adanya hubungan yang erat diantara para siswa.

                Faktor-faktor yang termasuk kedalam lingkungan non-sosial diantaranya:

  1. Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan dingin, sinar yang tidak terlalu silau atau kuat, tidak terlalu lemah/gelap, serta suasana yang sejuk atau tenang. Lingkungan alamiah tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi aktifitas belajar siswa. Sebaliknya bila kondisi alam yang tidak mendukung, proses belajar siswa akan terhambat.
  2. Faktor instrumental yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam, 1) hardware seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olah raga, dan sebagainya. 2) software seperti kurikulum sekolah, peraturan-peraturan sekolah, buku panduan, silabus, dan sebagainya.
  3. Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa). Faktor ini hendaknya disesuaikan dengan usia perkembangan siswa begitu juga dengan metode mengajar guru, disesuaikan juga dengan perkembangan siswa.

Faktor-faktor yang termasuk kedalam lingkungan sosial seperti diantaranya:

  1. Lingkungan sosial sekolah seperti, guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi proses belajar seorang siswa. Hubungan antara ketiganya dapat menjadi motivasi bagi sisiwa untuk belajar lebih baik di sekolah.
  2. Lingkungan sosial masayarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan memepengaruhi belajar siswa. Lingkungan tempat tinggal siswa yang kumuh, banyak pengangguran, dan anak terlantar juga dapat mempengaruhi aktifitas belajar siswa, paling tidak siswa akan kesulitan ketika memerlukan teman belajar, diskusi, atau meminjam alat-alat belajar yang kebetulan belum memilikinya.
  3. Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat mempengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orang tua, demografi (letak rumah), pengelolaan keluarga, semuanya dapat memberi dampak terhadap aktifitas belajar siswa. Hubungan antara anggota keluarga, orang tua, anak, kakak atau adik yang harmonis, akan membantu siswa melakukan aktifitas belajar dengan baik.

Setiap lingkungan memegang pengaruhnya masing-masing, setiap perilaku dan cara berpikir tiap individu pun berbeda karena setiap lingkungan memberikan peran dan pengaruhnya berbeda-beda pula. Walaupun lingkungan tidak sepenuhnya membentuk pola perilaku dan pola berpikir individu karena setiap individu berbeda pula dalam memberikan respon atau tanggapan terhadap stimulus yang diberikan lingkungan, namun peran dan pengaruh lingkungan turut serta memegang peranan yang sangat besar bagi individu dalam berperilaku dan berpikir.

Bagi siswa peran dan pengaruh lingkungan harus disikapi dengan bijak, agar siswa dapat berprestasi ditengah lingkungan yang memberikan peran dan pengaruh yang berbeda-beda. Siswa harus mampu menunjukkan prestasinya di bidang akademik dan non akademik dan tetap berpikir serta berperilaku yang baik sesuai dengan norma dan aturan yang berperilaku. Pelajar diharapkan pula dapat memberikan respon yang baik terhadap stimulus yang diberikan oleh lingkungan.

 

Referensi:

ekosuprapto.wordpress,com/2009/04/18/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-proses-belajar/

Adityadananjaya.wordpress.com/2012/11/13/peran-dan-pengaruh-lingkungan-terhadap-pelajar/



Pengirim : Tri Handayani P, S.Pd dan Nenden Nurrohmah, S.Pd
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas